Jual Bibit Juwet / Bibit Jamblang Garansi Hidup

Kategori: Bibit Buah | 99 Kali Dilihat
Jual Bibit Juwet / Bibit Jamblang Garansi Hidup Reviewed by bibit on . This Is Article About Jual Bibit Juwet / Bibit Jamblang Garansi Hidup

Jual Bibit Juwet / Jamblang Jual bibit juwet – Juwet atau dikenal dengan sebutan jamblang memiliki nama latin syzygium cumini merupakan jenis pohon suku jambu-jambuan. Pohon juwet ada yang tumbuh liar di hutan, namun ada pula yang dibudidayakan sebagai tanaman perkebunan yang memang dijadikan bisnis. Untuk mendapatkan hasil buah juwet… Selengkapnya »

Rating: 1.0

Hubungi Kami

Pemesanan Juga dapat melalui :
SKU :
Stok Tersedia
Kg
07-12-2018
Detail Produk "Jual Bibit Juwet / Bibit Jamblang Garansi Hidup"

Jual Bibit Juwet / Jamblang

Jual bibit juwet – Juwet atau dikenal dengan sebutan jamblang memiliki nama latin syzygium cumini merupakan jenis pohon suku jambu-jambuan. Pohon juwet ada yang tumbuh liar di hutan, namun ada pula yang dibudidayakan sebagai tanaman perkebunan yang memang dijadikan bisnis. Untuk mendapatkan hasil buah juwet yang berkualitas, perlu diperhatikan penanaman bibit hingga perawatannya secara benar. Berikut ini informasi, cara mendapatkan bibit hingga memanen buah juwet yang tepat.

buah juwet,bibit buah juwet

buah juwet

Cara Mendapatkan Bibit Juwet

Bibit juwet ini bisa didapat dengan mudah dari orang yang memang khusus jual bibit juwet. Namun jika ingin memprosesnya sendiri, juga tak masalah. Bibit ini bisa diperoleh melalui persemaian biji, pengcangkokan, okulasi, dan sambung pucuk. Untuk lebih jelasnya silahkan simak panduannya berikut ini.

jual bibit juwet,bibit jamblang,jual bibit jamblang

bibit juwet /jamblang

  • Melalui Persemaian Biji

Untuk mendapakan bibit juwet dari persemaian biji, pilihlah buah juwet terbaik, kemudian bersihkan biji dari daging buahnya. Keringkan biji juwet, lalu sebarkan ke media tanam yang telah dipersiapkan sebagai persemaian. Setelah beberapa minggu dan bibit juwet telah tumbuh sekitar 10 cm, pindahkan bibit juwet ke media tanam yang lebih besar seperti polybag yang berisi tanah, kompos, serta sekam. Setelah tumbuh cukup besar, pindahkan bibit juwet ke lahan yang ingin ditanami.

  • Melalui Pencangkokan

Cara kedua untuk memperoleh bibit juwet yaitu melalui pencangkokan. Pilihlah pohon juwet yang telah berumur sekitar 7 tahun dan telah berbuah dengan kualitas unggul. Kikislah batang pohon juwet berdiameter 2 cm dengan pisau tajam (jangan berkarat). Setelah itu, biarkan beberapa saat sampai batang pohon yang telah dikikis kering dan tidak bergetah lagi. Kemudian lekatkan tanah atau kompos pada bagian tersebut dan bungkus dengan plastik atau sabut kelapa. Siram setiap minggu dan pastikan menjaga kelembabannya, jangan sampai kering atau terlalu basah. Tunggu sekitar 3 – 4 bulan sampai muncul akar, kemudian potong dan pindahkan pada polybag. Jika sudah tumbuh besar, Anda dapat memindahkannya ke lahan yang ingin ditanami.

jual bibit juwet hitam,bibit tanaman juwet,bibit juwet siap tanam,harga bibit juwet

juwet hitam

  • Melalui Okulasi

Okulasi atau menempel merupakan salah satu cara mendapatkan bibit juwet dengan penggabungan dua tanaman berlainan menjadi satu. Pertama pilihlah tanaman yang akan dijadikan batang bawah, kemudian kupas sedikit bagian di batang bawah dan tempeli bagian yang dikupas dengan potongan tanaman juwet lainnya. Ikat atau bungkus bagian yang ditempel tersebut agar dapat menyatu.

  • Melalui Sambung Pucuk

Anda juga bisa mendapatkan bibit juwet ini melalui teknik sambung pucuk. Siapkan bibit utama dalam sebuah polybag, kemudian siapkan pula bibit sambungan yang diambil dari pucuk pohon. Pucuk pohon ini biasanya di ambil dari pohon buah juwet yang pernah berbuah dan buah yang dihasilkan berkualitas unggul. Langkah selanjutnya yaitu memotong batang pada bibit utama dan dibelah menjadi dua bagian dengan panjang kira-kira 2 – 3 cm. Runcingkan bibit sambungan (yang berupa pucuk pohon), kemudian masukkan bibit yang telah diruncingkan ke dalam bibit utama yang dibelah. Ikatlah dengan plastik yang lentur agar menyatu. Langkah terakhir, tutuplah hasil penyambungan tadi dengan plastik untuk mencegah adanya penguapan udara. Hal ini bertujuan untuk merangsang agar tunas baru dapat tumbuh dengan baik.

Cara Menanam Bibit Juwet

Setelah Anda mendapatkan bibit pohon juwet berkualitas unggul baik melalui persemaian, cangkok, okulasi, maupun sambung pucuk, kini saatnya Anda menanam di lahan perkebunan. Perlu diperhatikan, penanaman pohon juwet di lahan perkebunan sebaiknya ditanam pada awal musim penghujan dengan  jarak tanam 8 – 10 meter per pohon.

Proses Pemeliharaan Pohon Juwet

Proses pemeliharaan pohon juwet meliputi penyiraman hingga pemberian pupuk. Pohon juwet sebenarnya tidak membutuhkan penyiraman yang sering. Penyiraman hanya dilakukan pada awal pertumbuhan. Jika pohon juwet sudah mulai tumbuh besar dan memiliki perakaran yang kuat, maka penyiraman hanya perlu dilakukan sesekali ketika cuaca panas. Walaupun demikian, sebenarnya pohon juwet ini juga mampu bertahan dalam tanah kering sekalipun.

Sementara untuk pemupukkannya, lakukan tiga bulan sekali dengan cara menaburkan pupuk kandang di sekitar pohon. Anda juga bisa memberikan pupuk kimia sesekali, namun jangan terlalu sering. Pohon juwet jarang terjangkit hama karena memiliki daya tahan hidup yang baik. Namun, apabila pohon juwet terkena serangan hama seperti ulat, lalat buah, kutu bubuk, dan hama lainnya, maka berikan insektisida yang tepat untuk membasmi hama tersebut.

Pemanenan Buah Juwet

Pada umumnya buah juwet tidak matang secara bersamaan. Buah juwet yang sudah matang dan siap dipanen biasanya berwarna merah kehitaman dan tekstur buahnya pun lebih lembek. Tanda lainnya yang menandakan bahwa buah juwet telah masak yaitu akan berjatuhan di tanah. Jika sudah banyak buah yang berjatuhan, artinya buah juwet telah siap untuk di panen. Untuk pemanenan, petiklah buah juwet secara hati-hati agar tidak merusak kulit luarnya. Anda juga bisa menggunakan bantuan jaring, untuk menjangkau buah yang letaknya cukup jauh dari batang, dan sulit dipetik secara langsung dengan tangan. Pilihlah buah yang benar-benar sudah matang.

Itulah sekilas informasi terkait cara mendapatkan bibit juwet, penanaman, perawatan, hingga proses panen. Bagaimanapun cara mendapatkan bibitnya, entah itu membeli dari pedagang yang jual bibit juwet, atau dari memprosesnya sendiri, sama-sama bagusnya. Asal dirawat dengan maksimal.

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,