085230308088| Jual Bibit Pohon Pule | bibit pule

Kategori: Bibit Toga | 91 Kali Dilihat
085230308088| Jual Bibit Pohon Pule | bibit pule Reviewed by bibit on . This Is Article About 085230308088| Jual Bibit Pohon Pule | bibit pule

Jual Bibit Pule | Bibit Pohon Pule Terjangkau Jual bibit pohon Pule – Pule adalah salah satu jenis tanaman yang cukup populer di Indonesia. Tanaman yang satu ini umumnya tumbuh di Pulau Jawa dan juga Sumatera. Pule termasuk ke dalam jenis tanaman yang keras, dan biasanya ,nih, dipakai oleh banyak… Selengkapnya »

Rating: 1.0

Hubungi Kami

Pemesanan Juga dapat melalui :
SKU :
Stok Tersedia
Kg
08-12-2018
Detail Produk "085230308088| Jual Bibit Pohon Pule | bibit pule"

Jual Bibit Pule | Bibit Pohon Pule Terjangkau

Jual bibit pohon Pule – Pule adalah salah satu jenis tanaman yang cukup populer di Indonesia. Tanaman yang satu ini umumnya tumbuh di Pulau Jawa dan juga Sumatera. Pule termasuk ke dalam jenis tanaman yang keras, dan biasanya ,nih, dipakai oleh banyak produsen mebel/furniture sebagai bahan utama pembuatan perkakas rumah tangga dari kayu ataupun untuk pembuatan patung.

Pule juga banyak digunakan untuk penghijauan karena daunnya mempunyai ciri khas hijau yang mengkilat, rimbun, serta lebar ke samping, sehingga memberikan sensasi yang sangat menyejukan.

Kulitnya sendiri  juga berkhasiat, sehingga sering dimanfaatkan sebagai bahan baku obat. Jadi tidak heran pule juga terkenal sebagai tanaman obat yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Seperti radang tenggorokan, hipertensi, demam dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu beberapa jenis pule juga sering dipakai sebagai tanaman hias yang mempunyai nilai ekonomi yang cukup tinggi. Contohnya saja jenis pule gading, yang bisa anda jumpai di protokol ibukota, berbagai tempat perbelanjaan, serta hotel-hotel mewah. Dengan banyaknya permintaan akan tanaman ini, tak heran bila banyak pedagang bibit yang jual bibit pohon pule ini di tokonya.

Tertarik untuk menanam tanaman yang satu ini? Berikut kami akan membahas secara lengkap dari mulai cara mendapatkan bibit pule, penanaman sampai dengan panennya di bawah ini.

Budidaya Bibit Pohon Pule

Budidaya bibit pohon pule dapat dilakukan dengan stek akar, stek batang, stek tunas, maupun biji. Sebenarnya budidaya dengan stek akar jauh lebih menguntungkan, sebab ketika tanaman digali serta dicabut, pasti akan terdapat banyak akar-akar kecil yang tidak terpakai. Nah, akar-akar inilah yang bisa anda semaikan supaya bisa memproleh individu tanaman yang baru.

Akan tetapi, budidaya dengan biji juga tidak sulit alias mudah untuk anda lakukan terlebih jika anda memeliharanya dengan baik dan benar. Pada umumnya pule akan mulai berbunga dan berbiji ketika berumur satu tahun semenjak anda menanamkannya. Contohnya salah satu jenis pule yang bisa seperti ini adalah pule pandak.

Cara Menanam Pule dan Memeliharanya

Jika tak ingin ribet anda bisa mencari pedagang yang jual bibit pohon pule ini di sekitar rumah anda, atau bisa juga dari online shop yang khusus menjual aneka bibit. Namun jika ingin membibitkan sendiri, juga tak masalah.

Perlu diketahui, pada dasarnya menanam bibit pule tidak ada bedanya dengan menanam bibit tanaman lain. Untuk lebih lengkapnya, simak langkah-langkah menanam bibit pule di bawah ini :

  • Persiapkanlah media tanam terlebih dahulu. Untuk media tanamnya sendiri anda bisa menggunakan media tanam yang siap pakai ataupun bisa membuat sendiri dengan kompos : sekam bakar = 1:1. Atau jika anda hanya menggunakan sekam bakar saja, itu juga tidak masalah. Karena pada dasarnya, saat semai hingga bertunas nanti, tanaman pule membutuhkan nutrisi yang sangat banyak sekali.
  • Selanjutnya adalah, anda perlu juga menyiapkan tempat semai. Tempat semai yang bisa anda pakai adalah seperti tray, box semai atau bisa juga menggunakan ember.
  • Isikanlah media tanam ke tempat semai tersebut. Siramlah media dengan air secukupnya sampai air mengalir keluar. Kemudian setelah itu, anda bisa membuat lubang atau letakkan saja bibit pule yang telah disiapkan tadi, lalu tutuplah dengan lapisan tanah yang tipis-tipis saja. Hal ini dimaksudkan supaya tanamannya nanti bisa lebih mudah untuk tumbuh.
  • Anda bisa memberi plastik pada bagian atas tempat semai. Saran dari kami, gunakanlah plasik bening. Atau kalau pun tidak, bisa juga menggunakan tempat yang ada penutupnya. Contohnya seperti menyemai memakai ember plastik yang dilengkapi penutup, sehingga tunasnya nanti akan jauh lebih aman. Untuk tahap yang satu ini sebenarnya hanya saran saja, jadi boleh anda lakukan, boleh juga tidak.
  • Selanjutnya, anda tinggal meletakannya pada tempat yang cukup mendapatkan sinar matahari. Pastikan juga tempat tersebut dapat melindungi bibit pule anda dari cuaca hujan.
  • Jangan lupa untuk selalu mengecek kelembabannya dan siramlah bibit pule anda secara teratur setiap hari. Jangan sampai mengalami dehidrasi atau pun kekeringan. Penyiraman yang baik bisa anda lakukan dua kali saja. Waktu yang paling disarankan adalah pada saat pagi dan sore hari.

 

Akan tetapi apabila media tanam masih tetap kelihatan basah, anda tidak perlu menyiramnya sebanyak dua kali, cukup lakukan satu kali saja. Alat yang digunakan untuk penyiaraman bisa dengan memakai semprotan air, sprayer atau pun gembor. Usahakan semprotan airnya sedang atau halus.

Dan satu lagi, usahakan, jangan sampai bibit yang sudah anda tanam tersebut tergenang air.

  • Biasanya tunas biji pule akan muncul kurang lebih setelah 16 hari.
  • Setelah berdaun dengan minimal 2 sampai 4 helai, maka bibit kecambah pun sudah bisa anda pindahkan. Namun, ingat, pindahkanlah dengan hati-hati. Dan siapkan juga sebelumnya polybag yang diisi media tanam, dengan ketentuan posisi tanah: kompos atau pupuk kandang : sekam =1:1:1.
  • Kemudian letakkanlah pada tempat yang teduh terlebih dahulu. Kira-kira kurang lebih selama satu minggu. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan waktu bagi tanaman supaya bisa beradaptasi dengan lingkungan barunya.
  • Setelah 1,5 bulan, anda sudah bisa mulai memberi pupuk. Bisa menggunakan NPK maupun pupuk organik. Terserah apakah anda ingin menabur pupuk tersebut di media tanam atau pun dilarutkan terlebih dahulu. Lakukan pemakaian sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Panen Pule

Panen pule  biasanya dilakukan pada saat musim kemarau. Untuk waktu panen pule sendiri sekitar 3 sampai dengan 5 tahun setelah bibit ditanamkan. Hal ini tentunya jauh lebih cepat jika anda membandingkannya dengan panen ginseng di Korea yang rata rata baru bisa dipanen antara 6 sampai dengan 10 tahun.

Akar pule yang telah dipanen, biasanya dicuci bersih, kemudian dilakukan pemotongan dengan ukuran kira-kira sekitar 5 sampai dengan 10 cm. Setelah itu, dikeringkan dengan penjemuran sampai memperoleh hasil yang benar-benar kering.

Nah, demikianlah pembahasan lengkap mengenai cara menanam pule sampai dengan panennya. Semoga bisa menjadi sumber referensi yang bermanfaat bagi anda.